hanyainsani.com

Food Preparation, Langkah Menyenangkan Sebelum Memasak

 


Bagaimana jadinya, kalau lemari pendingin (kulkas) diisi berbagai bahan dengan memasukkannya secara asal-asalan?

Oh sudah tentu lebih praktis, kan tinggal slup  diletakkan di kulkas saja sudah selesai. Toh memang itulah fungsinya kulkas di rumah, ya untuk menyimpan bahan masakan. Eits, tapi pernah nggak sih suatu ketika kita membuka kulkas aromanya beraneka ragam (tercampur)? Pernah juga nggak menemukan beberapa bahan kadang mengotori kaca kulkas, karena plastiknya bocor atau karena membusuk? Belum lagi semakin terlihat berantakan, karena seisi anggota keluarga sering buka tutup kulkas, ambil ini itu, juga taruh berbagai makanan dan minuman? 

Alhasil, kulkasnya semacam kapal yang porak poranda sehabis diterpa badai. Belum lagi adanya aroma tak sedap yang muncul dari kulkas, bisa jadi pertanda aneka bakteri telah berkembang di dalamnya, juga kualitas makanan yang menurun/rusak akibat menaruh makanan/minuman serampangan.  Menaruh bahan makanan di wadah terbuka atau dalam jangka waktu yang lama, tentu berpengaruh juga menimbulkan bau di lemari pendingin. Membersihkan kulkas minimal setiap sebulan sekali, bukan satu-satunya cara untuk memastikan kulkas anda bisa menyimpan bahan masakan dengan baik. 

Cara lainnya yang bisa dilakukan ialah dengan food preparation, penyiapan makanan menjadi metode sederhana dan mudah untuk menjaga kualitas makanan serta keawetannya lebih baik, selain cukup disimpan di kulkas. Dengan mempersiapkan bahan mentah untuk satu periode tertentu (harian,mingguan, bulanan) dalam suatu wadah bisa mencegah bau di kulkas dan ruang penyimpanan di dalamnya lebih rapi. Selain itu, dengan adanya penyiapan makanan, waktu dan langkah dalam memasak lebih efektif juga efisien. 

Bagi beberapa orang yang cukup sibuk, terutama ibu yang tak punya banyak waktu untuk memasak, dengan adanya penyiapan makanan memudahkan ibu dalam memasak. Selain memangkas waktu memasak, ibu juga tidak perlu sering-sering berbelanja bahan mentah ke pasar. Otomatis biaya yang dikeluarkan untuk makanan keluarga lebih hemat, tenaga yang digunakan juga lebih efisien. Poin lebihnya lagi, ruang lemari pendingin juga rapi dan terlihat lebih bersih dibandingkan yang tidak menerapkan penyiapan makanan dengan baik. Yuk, coba mempersiapkan bahan makanan dengan cara mudah agar memasak semakin menyenangkan dan praktis. 


1 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. Alhamdulillah sudah berusaha menerapkan food preparation. Memang sangat memudahkan.

    BalasHapus