hanyainsani.com

Menilik sekilas generasi bangsa, bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia? (Bagian ke-1)


 

Setiap tiga tahun sekali, Indonesia dan negara-negara lain di dunia melakukan suatu pengujian di bidang pendidikan. Untuk mendapatkan hasil kualitas pendidikan, beberapa negara ini mengikuti tes PISA (Programme for International Student Assesment) yang mulai dilaksanakan dari tahun 2000.

PISA merupakan penilaian performa akademis yg diujikan untuk anak-anak usia 15 tahun dengan penyelenggaranya OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). 

Tujuan diadakan nya PISA ini untuk menguji dan membandingkan prestasi anak-anak di seluruh dunia, yang hasilnya nanti bisa digunakan untuk meningkatkan metode dan hasil dalam pembelajaran. Hasil dari tes PISA ini yang kemudian digunakan untuk dasar perbaikan sistem pendidikan di negara anggota OECD. 

Tes PISA meliputi soal literasi membaca, literasi matematika dan literasi sains (red : literasi merupakan kemampuan daya berpikir dan bernalar). 

Hasil survei PISA terakhir di tahun 2018, yang dirilis serentak tahun 2019 menunjukkan kualitas pendidikan Indonesia yang cukup mengejutkan. Seolah menjadi potret sekelumit persoalan yang tengah dihadapi saat ini. Karena dari 79 negara yang mengikuti tes PISA, Indonesia masih setia berada di peringkat 10 besar dari bawah. Berada di urutan ke-74, untuk tes literasi membaca. Kemudian peringkat ke-73 untuk tes literasi matematika, dan urutan ke-71 dalam tes literasi sains.

Bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dari pelaksanaan PISA yang diikuti di tahun 2009-2015 Indonesia mengalami kemerosotan dalam bidang pendidikan. Pada awal pelaksanaan PISA di tahun 2000 saja, yang saat itu diikuti 41 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-39 untuk kemampuan membaca, sedangkan urutan ke-38 dalam kemampuan matematika.

Bila diihat dalam 18 tahun terakhir pelaksanaan PISA, juga semakin bertambahnya negara yang bergabung mengikuti survei tersebut, ternyata tidak ada hasil signifikan yang menunjukkan kemampuan anak meningkat/di atas rata-rata yang distandarkan PISA. 


Bersambung...


Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.