hanyainsani.com

Menikmati Gurihnya Soto Kemiri Khas Pati

Kabupaten Pati merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang berada di posisi pantai utara. Letak geografisnya mengakibatkan banyak jejak historis di sana. Ditandai dengan beberapa bangunan lawas peninggalan kolonialis Belanda yang masih bertahan dan digunakan dengan baik maupun hanya diabaikan. Seperti pabrik gula, bangunan karesidenan dan bekas stasiun/rel kereta api. Tak hanya itu, Pati juga terkenal dengan kuliner khasnya yang cukup unik. Terutama dalam penggunaan bahan lokal untuk memperkaya cita rasa, seperti santan atau kemiri.



Salah satu hidangan yang banyak diincar dan cukup terkenal ialah Soto Kemiri. Memang di Nusantara hidangan berkuah yang disajikan hangat dan dicampur nasi ini sangat banyak dan memiliki ciri khasi masing-masing, begitu pula tak terkecuali dengan Pati. Soto khas daerah ini dimasak dengan campuran santan dan kemiri. Santan nya sendiri cenderung encer dan sedikit kuning yang terlihat dari minyak-minyak yang mengapung pada kuahnya. Sehingga menimbulkan rasa gurih pada soto khas Pati ini, sesuai dengan namanya tentu tak hanya santan yang membuat rasa makanan ini unik. Karena ada penggunaan kemiri yang ikut serta memperkaya rasa pada soto ini. Untuk itulah, soto ayam di Pati dinamakan dengan soto kemiri. 

Untuk penyajiannya sendiri, soto kemiri tersedia dalam porsi kecil atau porsi besar menyesuaikan mangkoknya. Nasi di centong dan ditaruh di mangkok, setelah itu kuah bersantan diambil menggunakan mangkok yang telah tadi telah diisi nasi. Lalu kuah tadi dikembalikan ke panci kuah, tahap terakhir kuah santan diambil menggunakan irus, lantas disiramkan ke nasinya. Isian soto berupa kecambah/ tauge, taburan bawang merah goreng, seledri dan suwiran ayam kampung ditambahkan ke nasi berkuah. Baru kemudian disajikan ke pembeli. Bagi pembeli yang ingin menambah lauk juga bisa langsung mengambil beberapa gorengan yang biasa tersaji di meja. Seperti tempe goreng tanpa tepung, tahu goreng, tahu bakso dan lainnya. Pembeli juga bisa menambahkan ayam tim bumbu kuning yang tersaji, bisa pilih sesuai selera. 

Soto kemiri ini tersedia di sekitar kota Pati, namun ada satu warung yang cukup terkenal dan telah berjualan terbilang cukup lama, yaitu Soto Ayam Kemiri Pak Kribo. Tak jarang banyak pengunjung yang ke Pati juga pasti menyempatkan untuk mencicipi dan menikmati soto kemiri di sini. 

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.