hanyainsani.com

Manfaat SEO Onpage untuk Artikel dan Blog

Apa Manfaat SEO Onpage untuk Artikel dan Blog

Halo edukers, setuju nggak kalau membaca merupakan aktivitas yang sebaiknya dirutinkan? Dengan membaca, otak kita memperoleh nutrisi agar berfungsi secara optimal.

Meski begitu, kadang membaca atau bahkan membiasakannya sebagai rutinitas sehari-hari terasa berat. Hmmm, kalau itu sih sama. Aku juga merasakannya kok.


Biasanya  membaca terasa berat karena kita terfokus pada buku sebagai bahan bacaan. Padahal, kalau niatnya ingin membangun kebiasaan baik, membaca nggak harus lewat buku kok. 


Saat ini ada banyak pilihan sarana membaca. Bacaan singkat bisa ditemukan ddari artikel. Tentu saat membaca artikel kita biasa mencarinya di search engine semisal Google. 


Nah, kalau cari artikel dari web siapa nih yang mengutamakan artikel di halaman pertama atau teratas dulu? Hayo ngaku, yang dipilih atau dibaca lebih dulu tentu artikel yang paling atas muncul di hasil pencarian kan?


Biasanya kita cenderung memilih artikel yang muncul di halaman pertama ya, karena mudah terlihat dan bisa secepatnya dibaca. Kira-kira edukers sudah tau belum kalau ini ada istilah bahkan tekniknya.


Bisa tebak dong apa itu?


Yap, betul sekali kalau edukers jawabnya teknik SEO (Search Engine Optimization). Umumnya artikel-artikel yang mudah ditemukan di mesin pencari ini sudah menerapkan teknik SEO. Salah satu yang digunakan yaitu SEO Onpage untuk artikel. Penerapan SEO Onpage dalam artikel ini juga cara ampuh untuk membantu blog mudah terlihat dan muncul di hasil pencarian teratas lho. 


Apa saja sih manfaat SEO Onpage untuk artikel dan blog? Yuk, simak selengkapnya. 


Apa itu SEO Onpage?


Jelaskan yang dimaksud SEO dan manfaat SEO Onpage untuk artikel

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang SEO Onpage, kita kenal pahami dulu apa itu SEO ya. 


SEO atau "Search Engine Optimization". Dikenal sebagai serangkaian teknik, praktik, dan strategi yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web atau halaman web di hasil mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya. 


Tujuan utama dari SEO adalah agar situs web atau halaman web muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian organik (non-bayar) ketika pengguna mencari kata kunci atau topik tertentu.


Komponen dari SEO ada dua. Yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Nah, sambil belajar menyerap ilmu, pelan-pelan kita pelajari SEO Onpage dulu ya. 


SEO Onpage adalah serangkaian praktik yang dilakukan langsung pada halaman artikel atau blog untuk meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari seperti Google. Teknik optimasi ini dilakukan di web atau blog sendiri ya. 


Langkah untuk menjalankan SEO Onpage mencakup pemilihan kata kunci yang relevan, pengoptimalan judul, deskripsi, URL, penggunaan tag heading (H1, H2, H3), struktur konten yang baik, penggunaan gambar dengan tag alt, waktu muat halaman yang cepat, dan lain-lain. Semua ini membantu mesin pencari memahami isi halaman atau blog dan bagaimana itu berkaitan dengan pencarian pengguna.


Penulis yang menerapkan SEO Onpage untuk artikel dan blog akan merasakan berbagai manfaat. Lalu, apa manfaat SEO Onpage untuk artikel dan blog?


Manfaat SEO Onpage untuk Artikel dan Blog


Apa saja manfaat SEO Onpage untuk Artikel dan Blog


Berikut adalah beberapa manfaat dari menerapkan SEO on-page pada artikel dan blog pribadi edukers:


1. Membantu Masuk ke Peringkat Pencarian

Dengan menerapkan praktik SEO Onpage yang baik, edukers dapat membantu artikel dan blog kamu naik peringkat dalam hasil pencarian. Ini berarti lebih banyak orang akan melihat tautan ke konten Anda ketika mereka mencari topik yang relevan.


2.Meningkatkan Lalu Lintas Organik

Praktik SEO yang baik dapat membantu blog mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik. Lalu lintas organik adalah lalu lintas yang datang ke suatu situs semisal blog melalui hasil pencarian alami, tanpa perlu membayar iklan.


3. Meningkatkan Relevansi

Dengan mengoptimalkan kata kunci yang relevan dan konten yang berkualitas, akan meningkatkan relevansi artikel dan blog dengan topik yang dibahas. Ini membantu mesin pencari memahami bahwa konten yang edukers buat ialah berkaitan dengan apa yang pengguna cari.


4. Mendukung Pengalaman Pengguna 

Banyak faktor dari penerapan SEO Onpage, seperti waktu muat halaman yang cepat, desain responsif, dan terstruktur, juga berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik. Pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan tingkat tinggal (engagement) di situs atau blog. 


5. Meningkatkan Konversi

Jika tujuan edukers adalah untuk mengonversi pembaca menjadi pelanggan atau pelanggan potensial, praktik SEO Onpage yang baik dapat membantu. Dengan mengoptimalkan halaman arahan (landing page), edukers dapat membimbing pengunjung menuju tindakan yang diinginkan, seperti mengisi formulir atau membeli produk.


6. Mendorong Otoritas dan Kepercayaan

Artikel dan blog yang dioptimalkan dengan baik serta mampu memberikan informasi berharga cenderung lebih dihargai oleh pembaca. Ini dapat membantu membangun otoritas dan kepercayaan audiens.


7. Meningkatkan Jangkauan dan Dampak

Dengan muncul di halaman pertama hasil pencarian, blog yang dimiliki akan berpeluang untuk mencapai lebih banyak orang. Selain itu juga memungkinkan untuk berdampak yang lebih besar dengan konten yang edukers telah buat. 


Nah sebagai manfaat bonus dari penerapan SEO Onpage nih, kalau edukers juga pengguna media sosial yang aktif atau melakukan kampanye pemasaran lainnya untuk mempromosikan artikel dan blog. Dengan melakukan praktik SEO Onpage bisa cukup efektif dapat mendorong konten lebih mudah ditemukan secara organik. Edukers bisa membagikan konten yang telah dibuat dengan menyertakan tautan di dalamnya ya.


Terakhir, kesimpulan dari penerapan SEO Onpage merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran digital yang lebih besar dan banyak memberikan manfaat untuk artikel dan blog yang dimiliki. Meskipun penting, pastikan edukers tetap membuat konten yang bermanfaat dan membantu bagi pembaca.



6 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. Penjelasannya singkat padat jelas. Siiip 👍

    BalasHapus
  2. Makin paham dengan SEO on Page baca ini.. benar banget ya semoga bisa menerapkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, syukrom mba

      Hapus
  3. Jadi tahu kak, gimana artikel yang sering muncul saat aku search itu bisa muncul di search engine

    BalasHapus
  4. Asyik nih penjelasannya. Enak dibaca 😊

    BalasHapus