hanyainsani.com

5 Rekomendasi Platform Menulis yang Dibayar, Dapatkan Peluang Tambahan Cuannya




Halo edukers. Bagi teman-teman yang usianya sudah di atas 25 tahun ngerasain banget nggak sih banyak sekali perubahan terjadi di dunia ini? Entah dari teknologi yang kita rasakan saat ini, cara bersosialisasi dengan orang sekitar, bahkan sampai persoalan kerja.

Dulunya masa-masa kita masih kecil main kelereng, gundu, petak umpet, nonton Doraemon di hari Minggu atau tukeran binder udah paling menyenangkan ya. Kalau sekarang anak-anak malah mainnya udah pakai gawai, bisa nonton youtube sampai berjam-jam, bahkan sudah ngerti buat video pakai aplikasi. Itu perbedaan aktivitas generasi anak-anaknya saat kita dulu versus sekarang yaa.

Nah, kalau soal kerja ada perbedaan nggak? Pastinya ada juga dong.

Semisal aja nih yang sukanya berjualan, dulu dagang harus tau barangnya dulu. Ketemulah si pedagang dan pembeli tatap muka langsung. Kalau sekarang bisa jualan dari mana aja, nggak harus di pasar. Bisa dari marketplace atau punya toko online sendiri.

Ngomong-ngomong yang kerjanya bisa online nggak cuma itu sih. Ada buanyak. Nggak menutup kemungkinan juga untuk penulis.

Memasuki era digital memungkinkan kita bekerja apa saja. Bahkan penulis sekarang nggak hanya sebatas nulis buku atau artikel di koran. Ada namanya content writing, copywriting, script writing, UX/UI writing, SEO Writing dan sebagainya.

Bisa juga pelajari dulu tentang SEO sebagai salah satu teknik penting dalam menulis di sini.

Cukup beragam bukan edukers? Nah, buat edukers yang hobinya atau minatnya menulis, bisa banget lho cari tambahan cuan dengan menulis.

Salah satu caranya bisa dengan membangun blogmu sendiri. Hmmm... tapi tentu butuh waktu lama kan ya? No problem. Edukers juga bisa cobain nulis di beberapa platform yang memungkinkan tulisan kita bisa dapat bayaran lho. Yuk simak berikut infonya.

Ada beberapa platform menulis yang dibayar buat edukers coba. Berikut beberapa contohnya:




Medium



Medium adalah platform yang memungkinkan penulis untuk menerbitkan tulisanmu. Kamu bisa menulis tentang berbagai jenis tulisan seperti berita, opini, pengalaman pribadi, seni, teknologi, dan banyak lainnya. Karena basisnya internasional, medium bisa digunakan dan diakses siapapun.

Edukers bisa mendapatkan pendapatan melalui program kemitraan Medium. Untuk mendapatkan penghasilan dari program Medium Partner Program berdasarkan seberapa banyak orang membaca artikel kamu. Banyaknya pendapatan diperoleh berdasarkan "claps" yang diberikan oleh pembaca) dan apakah artikel kamu diakses oleh pelanggan berbayar.


Sebelum bergabung ke Medium, alangkah baiknya edukers bisa pelajari dulu nih artikel-artikel yang sudah terbit di sana ya. Supaya ada gambaran kira-kira mau menulis apa dan bagaimana. Bisa cek blognya Medium ya edukers.

Platform Freelance

Ada beberapa platform kerja yang memungkinkan edukers untuk menyelesaikan artikel serta dibayar. Platform untuk pekerjaan menulis cukup banyak juga menyediakan sistem kerja jarak jauh (remote) dan kontraknya pekerja lepas (freelance). Beberapa platform itu biasa disebut sebagai platform freelance.

Apa saja platform freelance yang memungkinkan edukers untuk menyelesaikan suatu tulisan berbayar?Nah, sebelumnya edukers perlu tau ada dua jenis platform freelance yang biasanya dapat digunakan yaitu di Indonesia dan Internasional.

Untuk platform freelance di Indonesia edukers bisa akses Sribulancer, Freelancer.co.id, Sribu, dan Fastwork. Platform freelance di Indonesia memungkinkan edukers untuk bertemu dengan klien sesama orang Indonesia juga.

Sedangkan kalau ingin menyasar klien Internasional (luar Indonesia) edukers bisa mengakses Upwork, Fiverr, Freelancer, Guru, PeoplePerHour, Hubstaff Talent, Guru, dan Toptal. Platform freelance internasional tersebut termasuk yang cukup populer.

Masing-masing pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing ya edukers. Kalau untuk platform freelance di Indonesia pastinya kamu akan bersaing lebih ketat dengan freelancer lainnya. Selain itu, kamu harus pintar-pintar menentukan keunggulan jasa yang kamu tawarkan juga rate (harga) kerjaanmu. Enaknya sih nggak akan ada kendala bahasa ya hehe.

Sedangkan platform freelance internasional tentu kamu bisa menjangkau lebih banyak klien dan biaya yang bisa ditawarkan juga bisa lebih tinggi (karena bayarannya dalam dollar). Pastinya jangan skeptis dulu terkendala bahasa. Karena kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi penerjemah. Namun, kamu juga harus yakin tulisanmu memang berkualitas dan layak ya.

 
IDNTimes

IDN Times adalah platform berita dan hiburan yang juga menerima kontribusi dari penulis independen. Edukers bisa mendapatkan penghasilan melalui artikel yang diterbitkan.

IDN Times adalah platform berita dan hiburan yang menerima kontribusi dari penulis independen. Namun, model penghasilan dari menulis di IDN Times dapat bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor. Pada umumnya, ada beberapa cara Anda bisa mendapatkan penghasilan dari menulis di IDN Times.

1. Pembayaran Langsung

Pertama IDN Times mungkin menawarkan pembayaran langsung kepada penulis berdasarkan artikel yang diterbitkan. Besarannya bisa berbeda-beda tergantung pada topik, kualitas, dan panjang artikel.

2. Program Kemitraan

Kedua dari 'Program Kemitraan atau Royalti'. Beberapa platform memiliki program kemitraan di mana edukers bisia mendapatkan persentase dari pendapatan iklan yang dihasilkan oleh artikel yang dibuat. Ini berarti semakin banyak orang membaca artikel kamu, semakin tinggi potensi pendapatannya pula.

3. Melalui Afiliasi

Ketiga, 'Pendapatan dari Tautan Afiliasi'. IDN Times mungkin meminta kamu untuk memasukkan tautan afiliasi ke dalam artikel yang dibuat. Jika pembaca mengklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, nah edukers bisa mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

4. Eksposur dan Portofolio

Keempat dari 'Eksposur dan Portofolio'. Menulis di platform seperti IDN Times juga bisa memberikan eksposur yang baik bagi buat kamu sebagai penulis. Artikelmu akan terlihat oleh banyak pembaca dan ini bisa membantu membangun reputasi dan portofolio. Namun, penting untuk dicatat bahwa kebijakan dan model pembayaran IDN Times bisa berubah dari waktu ke waktu ya eduker. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menulis di IDN Times dan berharap mendapatkan penghasilan dari itu, disarankan untuk menghubungi IDN Times secara langsung atau merujuk pada pedoman dan informasi terbaru yang mereka sediakan kepada penulis yaa.

Popbela.com

Popbela.com adalah platform yang fokus pada konten untuk perempuan. Edukers bisa mendapatkan penghasilan dari menulis di Popbela.com melalui beberapa cara, tergantung pada kebijakan platform tersebut. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang mungkin bisa kamu lakukan:

1. Pahami Kebijakan Popbela

Pertama-tama, pastikan kamu memahami dulu ya kebijakan dan panduan penulisan yang diberlakukan oleh Popbela.com. Setiap platform memiliki aturan dan pedoman yang berbeda untuk penulisnya.

2. Daftar dan Buat Akun

Jika edukers belum memiliki akun di Popbela.com, daftarlah dan buat akun penulis. Biasanya, kamu akan diminta untuk mengisi informasi pribadi dan mengunggah contoh tulisan.

3. Pilih Topik yang Relevan

Pilih topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan edukers, serta yang relevan dengan audiens Popbela.com.

4. Kirimkan Proposal atau Artikel

Beberapa platform mungkin meminta Anda untuk mengirimkan proposal artikel terlebih dahulu. Sementara itu, platform lain mungkin memungkinkan Anda langsung mengirimkan artikel lengkap. Pastikan artikel Anda sesuai dengan gaya dan format yang diminta oleh Popbela.com.

5. Tunggu Persetujuan

Setelah kamu mengirimkan artikel, platform akan meninjau dan menilai apakah artikel kamu sesuai dengan standar mereka. Ini bisa memerlukan waktu, jadi bersabarlah.

6. Dapatkan Penghasilan

Jika artikel kamu telah diterima dan diterbitkan, edukers kemungkinan akan mendapatkan penghasilan dari artikel tersebut. Pendapatan bisa berasal dari berbagai sumber, seperti pembayaran langsung dari platform, pembagian pendapatan iklan, atau model lainnya yang mungkin diterapkan Popbela.com.

7. Promosikan Artikel

Setelah artikel yang kamu buat diterbitkan, bagikan artikel tersebut melalui media sosial atau kanal lainnya untuk meningkatkan jumlah pembaca dan interaksi. Semakin banyak pembaca, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Untuk edukers yang perempuan gimana nih tertarik nulis di popbela.com juga kah? Kalau penasaran gimana caranya kirim tulisan ke sana simak penjelasannya di sini ya.

Mojok.com



Suka menulis opini dan menyampaikan unek-unekmu? Nulis di Mojok.com bakal cocok banget buat kamu lho edukers.

Mojok.com adalah situs web yang menampilkan artikel-artikel opini, hiburan, dan budaya populer di Indonesia. Situs ini dimiliki oleh KapanLagi Youniverse, perusahaan media digital yang mengelola berbagai platform di Indonesia. Meskipun tidak selalu jelas bagaimana cara tepatnya menghasilkan uang dari Mojok.com.

Ada beberapa cara umum yang dapat digunakan untuk memperoleh penghasilan dari menulis di Mojok.com. Seperti mengirimkan artikel, jika lolos kamu akan mendapatkan bayaran. Bisa juga dengan menjadi kontributor tetap, ini memungkinkan jika tulisanmu cukup bagus, populer, dan banyak diminati oleh pembaca. Selain itu, Mojok.com juga kerap mengadakan lomba lho. Edukers bisa coba iktuan lombanya dan mungkin bisa dapat hadiahnya.

Itulah 5 tempat menulis atau platform menulis yang dibayar. Sebenarnya ada banyak platform lain yang bisa edukers gunakan seperti Kreavi, Saungwriter, Wattpad, Storial, dan sebagainya. Namun, lima platform di atas merupakan contoh yang paling populer digunakan.

Bagaimanapun saat menulis di platform yang dibayar pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan setiap platform dengan teliti ya. Pastikan bahwa kamu memahami bagaimana sistem pembayaran mereka berfungsi sebelum mulai bekerja. Sebagai seorang penulis, kualitas konten sangat penting untuk membangun reputasi dan mendapatkan pekerjaan lebih lanjut.

Kira-kira mau mulai nulis dan dapatkan penghasilan tambahan kapan nih? Kalau masih bingung mau nulis apa buat jadi sampingan, edukers juga bisa nonton video ini ya. Semoga bermanfaat!



5 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. baru tau kak kalau medium itu bisa membayar penulisnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat penulis freelance ini cukup banyak dibahas sih kak. Selain ada bayarannya juga cocok buat bangun portofolio digital writer.

      Hapus
  2. Wah keren nih kak, ternyata banyak ruang kita dapat berkreasi ya. Dan asyik nya dibayar juga. Jadi tertarik jg ikutan nulis pada Platform2 di atas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak Novita. Semoga bisa goal ya nulis di platform dan bisa dibayar hhe

      Hapus
  3. Storial sudah tutup awal Agustus kemarin kalau ga salah, Mbak. Agak sedih sih pf ini tutup karena banyak penulis yang memakai pf itu.

    BalasHapus