hanyainsani.com

Bootcamp SohIB Berkelas: Jadi Makin Ngerti Contoh Creative Writing

contoh-creative-writing

Hidup di era digital memang memungkinkan kita memperoleh berbagai informasi terkini dengan sangat mudah dan cepat. Tidak seperti beberapa tahun silam, di mana orang tua kita biasa membaca koran, majalah, tabloid, atau mendengar radio dan menonton televisi untuk memperoleh suatu informasi ya. 

Seiring dengan kemudahan akses dan kemajuan teknologi, perkembangan di berbagai hal pun juga mengikuti. Tak mau kelewatan, begitu pula dalam hal kepenulisan. 


Kita mungkin telah mengenal content writing, copywriting, SEO writing, nah ternyata ada juga lho namanya creative writing. Atau bisa disebut juga kepenulisan yang kreatif. Edukers sering baca contoh creative writing kah? Atau baru dengar istilah ini?


Nah, kira-kira apa saja contoh creative writing ya? Jangan-jangan dalam aktivitas keseharian, kita kerap menemukan atau membaca contoh creative writing ini dengan mudah? 


Pas banget ada satu event seru membahas contoh creative writing ini. Penyelenggaranya ialah Komunitas SohIB. Kenalan dulu sekilas soal komunitas ini yuk!


Tentang SohIB


Dilansir dari web sohib, Komunitas SohIB atau Sobat Hebat Indonesia Baik adalah persembahan dari Indonesia Baik sebagai platform pengembangan diri melalui penyajian informasi, insight, dan konten positif, serta berbagai kegiatan upskilling secara gratis untuk meningkatkan skill dan kapasitas diri. 


Komunitas SohIB menjadi wadah pengembangan potensi generasi Indonesia (self improvement). Komunitas ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. 


Platform pengembangan diri untuk anak muda Indonesia ini bisa diakses di SohIB.id. Merupakan rumah yang nyaman untuk menemani perjalanan menuju karir masa depan. SohIB.id hadir sebagai platform pengembangan diri untuk terus meningkatkan skill dan kompetensi.


Ada banyak fasilitas pengembangan skill yang bisa diikuti di komunitas ini. Edukers ada yang sudah pernah ikut juga kah? 

Contoh creative writing juga menjadi topik pembahasan yang diangkat. Namun, ada rincian misi dari hadirnya SohIB lho. 


Mengapa SohIB?


Sudah tahu tentang komunitas SohIB bisa terlihat sekilas ya banyak manfaatnya. Nah, saya sertakan juga nih beberapa alasan buat edukers mengapa perlu bergabung di komunitas SohIB.
 

Public Speaking

Tidak hanya tergabung sebagai anggota komunitas yang pasif saja. Menjadi bagian dari komunitas SohIB juga memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan sesama anggota. Baik via group chat maupun event yang diselenggarakan


Team Work

Selain grup komunitas dan event yang diselenggarakan, terkadang ada juga proyek yang dilaksanakan dan concern dengan minat anggota. Melaksanakan proyek-proyek tersebut tentu membutuhkan dan mengasah kemampuan kerja sama yang baik. 


Active Listening

Kemampuan berbicara memang sangat penting dalam hidup seseorang. Namun, mendengarkan dengan seksama juga tak kalah pentingnya. Mampu menjadi pendengar yang aktif akan menimbulkan respon atau tanggapan yang sesuai. Sehingga mendukung kemampuan berbicara juga. 


Write to The World

Anggota komunitas SohIB dapat mengasah kemampuan dalam menyampaikan pendapat atau ide. Menjadi anggota juga berkesempatan sebagai kontributor tulisan di Sohib.id. Ada juga apresiasinya lho bagi yang rutin menulis atau menghasilkan artikel terbaik. 


Banyak banget ya manfaat dari komunitas yang satu ini. Sesuai dengan visi misinya, ada berbagai event yang diselenggarakan. Salah satunya berupa bootcamp untuk meningkatkan skill yang dibutuhkan di masa kini dan masa depan. Contoh creative writing yang telah terselenggara pada April - Mei 2023. Simak sekilas serunya ikutan bootcamp SohIB Berkelas Creative Writing berikut ini!


Bootcamp SohIB Berkelas Creative Writing


Komunitas SohIB cukup rutin mengadakan berbagai event dan proyek lho edukers. Tidak hanya memanfaatkan platform sohib.id untuk meningkatkan skill, kamu yang tergabung sebagai anggota komunitas ini juga bisa ikutan event yang diselenggarakan.


Biasanya di akun instagramnya @id_sohib akan dibagikan jadwal event selama setahun. Nah, kalau kamu tertarik juga buat ikutan, pantengin terus media sosialnya ya edukers.


Apa-itu-creative-writing?

Event yang diselenggarakan komunitas SohIB untuk meningkatkan skill disebut program Bootcamp SohIB Berkelas.


Program bootcamp membahas berbagai skill seru yang relevan dengan kebutuhan karir masa depan. Tentunya bootcamp yang diadakan komunitas SohIB sangat sayang untuk dilewatkan edukers.


Saya juga nggak mau melewatkan kesempatan ini. Saya pun mengikuti bootcamp berkelas yang sesuai dengan minat.


Salah satu contoh Creative Writing persembahan dari Komunitas SohIB yang saya ikuti. Bootcamp SohIB Berkelas Creative Writing ini dilaksanakan pada bulan April - Mei 2023. 


Creative-writing-belajar-apa?


Event yang membahas contoh creative writing ini diselenggarakan dalam 5x pertemuan. Yaitu pemaparan materi, diskusi, praktik bersama mentor dan presentasi final project. Berikut ini beberapa rangkuman materi yang telah disampaikan oleh mentor.

Hal Dasar Mahir Menulis Artikel 


dasar-creative-writing


Pertama sebelum memahami creative writing, tentunya memahami hal-hal dasar dalam kepenulisan sangat penting. Penulis harus mengerti kode etik dalam kepenulisan di antaranya

1. Karya yang dibuat original, bukan menjiplak
2. Menjaga kebenaran dan manfaat dari tulisan yang dibuat
3. Menulis secara cermat, tepat dan teliti
4. Bertanggung jawab secara akademis
5. Memberikan manfaat kepada pembaca


Bagi penulis pemula, menulis artikel menjadi pilihan yang cukup mudah untuk mengasah kemampuan. Ada 6 jenis artikel yang bisa dibuat yaitu deskripsi, argumentasi, narasi, persuasi, eksposisi, dan SEO. 


Selain practice makes perfect, ada juga planning makes ready. Begitu pula dalam menulis ada baiknya mempersiapkan kerangka tulisan. Beberapa hal ini yang perlu dilakukan dalam membuat kerangka tulisan:

1. Memahami struktur tulisan
2. Menentukan kata kunci artikel
3. Riset dan tulis sumber data terkait
4. Buat judul yang menarik
5. Susun poin pembahasan atau buat outline sesuai alur


Seni Menulis Storytelling, Bercerita Lewat Tulisan 


creative-writing-tulisan-populer

Menceritakan sesuatu dalam tulisan memang tak semudah menyampaikan secara langsung ya. Namun, ada beberapa cara untuk menulis seperti storytelling. 


Berikut cara menulis dengan teknik storytelling:

1. Judul. Tulisan pertama yang membuat pembaca tertarik
2. Opening. Bagian awal pengenalan masalah
3. Isi. Berupa poin pembahasan, bisa dilengkapi fakta menarik
4. Closing. Akhir cerita yang memberikan kesimpulan.

Bisa berupa refleksi, pesan moral, jawaban dari permasalahan dan sebagainya. 


Introduction to Search Engine Optimization


Apa-saja-yang-termasuk-creative-writing?

Search Engine Optimization (SEO) nampaknya bukan hal asing ya untuk yang sukanya nulis. Terutama tulisan artikel. 


Pemahaman tentang SEO dianggap sangat penting. Google telah melakukan pembaruan terkait Google E-A-T dengan menambahkan huruf E. Untuk mendeskripsikan Experience (pengalaman) sehingga menjadi E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust).


Jenis SEO menurut pemateri, kak Zihan Berliana (SEO writer IDN Media) ada tiga, yaitu SEO Onpage, SEO Offpage, dan SEO Technical. Sederhananya kalau SEO Onpage dilakukan oleh penulis dengan membuat konten berkualitas dan sesuai kaidah SEO. Kalau SEO Offpage dengan mengelola backlinks dari sumber terpercaya. Sedangkan SEO Technical cara agar website mudah diakses Google melalui crawling, indexing, yang kemudian menghasilkan ranking. 

Menulis Artikel SEO Tembus Ranking Teratas di Google


contoh-creative-writing-artikel-seo

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel SEO Friendly, yaitu:

1. Judul


Untuk judul perlu memperhatikan keyword atau kata kunci. Buatlah judul yang berisi 60-65 karakter saja. Oh iya, jangan lupa buat content lisnya juga ya. Content list berisi poin artikel atau yang menggambarkan isi dari artikel. 


2. Paragraf Pembuka


Mulailah dengan kalimat berupa pertanyaan (questions), statistic, atau kisah nyata. Supaya menarik pembaca untuk menyelesaikan artikel berikutnya. 

3. Body Content

Dimulai dengan membahas topik secara umum (general), kemudian gunakan keyword turunan. Juga pastikan kalimat dalam paragraf tidak terlalu panjang ya. 

4. Paragraf Penutup

Untuk paragraf akhir, bisa mengulas kembali inti dari pembahasan artikel. Serta dapat pula memberikan gambaran masa depan juga mencantumkan call to action.

5. Sumber dan Referensi

Sebagai data tambahan serta pendukung dari artikel yang telah dibuat dapat mencantumkan sumber atau referensi paling update ya. 

Nah, untuk mengoptimasi konten penulis perlu memperhatikan proofreading dan editing setelah selesai menulis, tambahkan komponen pendukung seperti infografis atau video, serta cantumkan link internal artikel yang sekiranya relevan. 

Penutup

Program bootcamp yang diselenggarakan komunitas SohIB ini gratis ya. Tentunya memperoleh sertifikat bagi peserta yang tuntas mengikuti hingga akhir. Pasca pelaksanaan program biasanya juga ada kompetisi yang diadakan. Apabila berminat, bisa menantang diri buat ikutan, barangkali bisa jadi pemenang dan dapat hadiah kan? 

Gimana edukers? Menarik apa sangat menarik nih acaranya? Yuk, coba ikutan juga event nya SohIB. 

Referensi: 

https://sohib.indonesiabaik.id/




 


14 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. Banyak sekali kegiatan positif di SohIB ya mbak. Bagaimana cara daftar bila ingin ikut salah satu kegiatan tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ada link gform yang perlu diisi Bu Wahyu. Infonya ada di medsosnya @id_sohib

      Hapus
  2. Jadi pingin daftar SohIB, supaya lebih upgrade lagi ilmu writingnya. Keren, kegiatannya macem-macem.

    BalasHapus
  3. Menarik sekali kak kegiatannya. Apalagi kalau online sangat menarik karena aku introvert :D semoga semakin banyak bootcamp macam sohib ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu sama atuh mb. Aku yang introvert berasa nemu oase di gurun

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya nih mb. Mb Meliana ikutan juga kah?

      Hapus
  5. Mantab sekali ilmunya kak. Thanks for sharing :)

    BalasHapus
  6. wah ternyata masih satu grup juga di komunitas lain hehehe, terima kasih kak udah sharing .. waktu mau daftar bootcamp yang itu pas belum sempat kemarin hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama-sama mb. Banyak ya memang yg ikutan komunitas ini. Btw pas bootcamp ini juga bulan Ramadan. Saya juga ikut nyimak sambil masak nyiapin menu berbuka.

      Hapus