hanyainsani.com

Cara Menjadi Blogger Pemula Hingga Profesional lewat Blogspedia Coaching


belajar cara menjadi blogger pemula
Sumber: pexels.com

Segala sesuatu yang hebat bermula dari impian, proses, usaha, kerja keras, komitmen, dan konsisten pantang menyerah. Karena dalam kehidupan akan selalu ada tantangan untuk meraih kesuksesan. Konon memang begitulah rumus untuk berhasil. Selain didukung previllege (tentunya).

Sebut saja Thomas Alva Edison. Mana mungkin bola lampu bisa ia temukan, kalau tak mencoba hingga ke 1000x nya. Atau katakanlah Kolonel Sanders. Kalau ia menyerah untuk memperjuangkan impiannya di usia senja, mana mungkin ayam gorengnya bisa dikenal orang sedunia hingga sekarang?

Begitulah pola keberhasilan, selalu ada niat besar dan proses. Atau mungkin bumbu kegagalan di dalamnya? Sama halnya para tokoh hebat itu, untuk mewujudkan impian kita perlu berproses dan mencari caranya.

Salah satu niat besar yang perlu diwujudkan bagi saya ialah menjadi penulis. Tepatnya penulils blog (blogger).

Saya terjun di dunia blogging sekitar tahun 2018-an. Semenjak itu hingga tahun 2021 blog saya sepi. Saya menyadari menulis blog tidak mudah. Menjadi blogger bukanlah perkara sepele.

Meski pernah aktif untuk mengisi waktu selama bedrest. Nyatanya blog kembali sepi. Hingga suatu ketika, saya menemukan seberkas cahaya dari tempat lain. Ini bukan karena lampu di rumah baru saja dinyalakan. Namun, karena membaca pengumuman di instagram story @blogspedia.

Pengumuman itu tentang Blogspedia Coaching. Hmmm, baru baca judul programnya aja membuat saya kepo. Wah coaching ya. Kalau coaching didampingi sampai bisa dong. Semakin penasaran saya mampir ke beranda akun @blogspedia. Secara mau tau lebih lanjut info Blogspedia Coaching ini.

cara menjadi blogger pemula lewat blogspedia coaching
Pendaftaran Blogspedia Coaching. Sumber: @blogspedia


Akhirnya saya berkunjung ke website-nya Blogspedia. Cari tau lebih lanjut tentang program dan kepoin lebih mendalam mengenai Blogspedia. Dari sinilah saya jadi tau cara menjadi blogger pemula.

Nah, kalau edukers tertarik juga menjadi blogger pemula. Perlu banget baca tulisan ini sampai tuntas. Check this out!

Apa itu Blogspedia?

belajar ngeblog cara menjadi blogger pemula

Blogspedia merupakan pojok curhat para blogger pemula yang membahas tutorial ngeblog, tips menulis, tips SEO, serta melayani jasa pembuatan konten.

Blogspedia dibuat oleh Mbak Marita Ningtyas di akhir tahun 2018. Blogspedia jika dijabarkan maka memiliki makna blogs ensiklopedia. Mbak Marita Ningtyas sebagai pendirinya berharap blog ini akan membantu para blogger pemula (cupuers) yang kesulitan dan bingung mengenai istilah blogging. Dengan membaca artikel-artikel di Blogspedia, blogger pemula jadi lebih tercerahkan.

Dibuatnya Blogspedia tentu saja ada alasannya ya. Sekilas kalau dari cerita Mbak Marita Ningtyas sih karena mengawali langkah menjadi blogger tidak mudah. Dulu banyak kebingungan dan kesulitan yang dirasakannya saat proses belajar blogging. Karena itulah, ia ingin membantu teman-teman pemula (cupuers) biar nggak merasa kesulitan seperti yang dialaminya.

Selain itu ada alasan lainnya mengapa membuat Blogspedia. Berikut ini alasannya:

1, Memberikan Tutorial yang Mudah Dipahami

Blog yang memberikan tutorial blogging ada banyak, namun masih jarang yang memberikan tutorial mudah dipahami pemula menggunakan bahasa sederhana. Melalui Blogspedia, harapannya bisa membantu pemula belajar ngeblog lebih mudah.

2. Sarana Belajar dan Berbagi

Menurut Mbak Marita Ningtyas, untuk menjadi ahli dalam blogging butuh proses yang nggak instan. Perlu banyak hal yang dipelajari dan diutak-utik. Sedangkan tipe belajarnya ialah Learning by Doing. Jadi lewat Blogspedia, Mbak Marita bisa belajar sekaligus berbagi cara menjadi blogger pemula.

3. Dokumentasi yang Telah Dipelajari

Sebagai dokumentasi tentang apa saja yang sudah pernah dipelajari dan dipraktekkan. Blogspedia membantu teman-teman yang membutuhkan saat bingung atau kesulitan bisa lebih mudah ngajarinnya.

Bisa dibilang adanya Blogspedia ini sebagai kelas ngeblog gratis buat pemula kayak saya ini ya hehe. Nah, sebenarnya ada beberapa layanan di Blogspedia lho selain ngasih tips ngeblog bermanfaat. Ada juga jasa Blogspedia yang ditawarkan. Nah, kira-kira layanan dan jasa Blogspedia ada apa saja? Yuk simak berikut ini.

Layanan di Blogspedia

kelas cara menjadi blogger pemula
Web Blogspedia. Sumber: Blogspedia

Jasa Blogspedia yang ditawarkan ada berbagai pilihan ya. Mulai kelas ngeblog gratis, memberi tips cara menjadi blogger pemula, hingga artikel-artikel lainnya seputar belajar ngeblog.

Berikut ini layanan di Blogspedia:

1. Blogspedia Coaching

Program yang membantu para blogger pemula (cupuers) belajar ngeblog selama 3 bulan. Blogspedia Coaching, menjadi kelas ngeblog gratis yang sangat direkomendasikan untuk diikuti. Dalam program ini, Mbak Marita sudah menyusun kurikulum serta materi yang dipelajari dengan sistematis. Peserta yang bergabung akan belajar cara menjadi blogger pemula, dari memahami istilah-istilah blog hingga utak-atik teknis blogging.

2. Jasa Penulisan Artikel

Bagi teman-teman blogger atau UMKM yang ingin mengelola blog/ websitenya biasanya memiliki kebutuhan stok artikel ya. Nah, tidak semua orang punya cukup waktu dan kemampuan untuk menulis artikel dengan baik, oleh karena itu disediakan jasa ini. Bisa pesan paket free order atau pilih paket hemat ya. Untuk kebutuhan jasa penulisan artikel ini selengkapnya bisa diakses di sini.

3. Jasa Pembuatan Toko Online Murah Meriah

Ingin punya toko online rasa marketplace tapi dana terbatas? Bisa pakai jasa pembuatan toko online murah muriah di Blogspedia juga. Meski berplatform blogspot, tapi dijamin sudah SEO friendly sehingga memudahkan pencarian di Google dan pastinya mudah digunakan.

4. Jasa Install Template untuk Blog Personal

Masih bingung dan merasa ribet utak-atik blog personal biar tampilnnya ciamik gimana? Jasa Blogspedia satu ini juga hadir buat membantu teman-teman. Pakai jasa Blogspedia bisa memasang dan mengatur template custom ke blog yang diinginkan teman-teman.

Itulah jasa Blogspedia yang bisa juga dicoba edukers yang membutuhkan. Kalau saya sih sudah mencoba dan mengikuti Blogspedia Coaching ya.

Kalau tadi udah cerita soal Blogspedia dan layanan yang tersedia. Saatnya cerita pengalaman saya mengikuti Blogspedia Coaching. Jadi begini ceritanya.

Pengalaman Mengikuti Kelas Ngeblog dan Manfaatnya

Saya memang sudah lama mengikuti beberapa akun instagram dari komunitas blog. Sekadar ingin tahu atau memperoleh wawasan seputar ngeblog. Meski ya itu blog saya masih sepi-sepi aja dan pakai gratisan.

Hingga suatu waktu ada postingan story di @blogspedia soal Blogspedia Coaching. Btw, baru baca judulnya aja saya kira ini akan berbayar. Ternyata, sejauh ini saya mengikuti kelas ngeblog cuma merogoh kocek 150 ribu. Itu selama 3 bulan saya mengikuti kelasnya lo ya.

Uang 150 ribu itu bukan buat Blogspedia, bukan juga buat mbak Marita atau coach-coach lainnya. Eh tetapi buat beli domain di Niagahoster. Jadi ya balik buat dipakai diri sendiri. Iya, karena salah satu materinya ngajarin soal gimana blog kita bisa jadi Top Level Domain.

Sisanya full tanpa pungutan biaya apapun. Hah serius??? Iyalah serius banget.

Sejujurnya saya pun kaget. Ya gimana enggak? Lha kelasnya aja padat, materi yang diajarkan seminggu ada 2x itu daging semua, tersedia sesi tanya jawab kapanpun, dibuatkan grup umum dan per kelompok. Abis itu cara belajarnya enak banget, tapi semua gratis-tis-tis.

Saya rasa ini adalah pelatihan atau kelas ngeblog terbaik yang bisa saya dapatkan. Saya sangat senang dari yang ngah-ngoh soal blogging, alhamdulillah kini jadi lebih paham. Misal jadi ngerti soal niche, pentingnya konsisten, serta urusan teknis ngeblog lainnya.

Beruntung saya bisa ikutan belajar di sini. Punya coach-coach yang siap ditanya-tanya. Ada teman-teman seperjuangan yang sama-sama belajar. Mereka menularkan semangat bagi saya. 

Saya masih inget gimana berpeluh keringat dan payahnya proses belajar. Apalagi pas utak-atik html. Biyuh, rasanya pengen menyerah. Tapi kalau inget niat awal ditambah semangat teman-teman yang ditularkan itu, jadi harus berusaha terus sampai tuntas. 

Kalau saya belajar sendiri, yakin deh waktu 3 bulan nggak bakalan cukup. Saya jamin setidaknya butuh setahun, dua tahun, atau mungkin nggak bakal jadi apa-apa blognya.

Dengan mengikuti Blogspedia Coaching ini saya dapat banyak banget materi berbobot buat mengembangkan blog saya. Selain itu, saya jadi belajar konsisten, menghargai proses, belajar hal baru, menjalani tantangan, dan banyak hal lainnya.

Intinya banyak manfaat yang saya dapatkan dengan mengikuti Blogspedia Coaching ini. Selain dapat materi bermanfaat juga mental sebagai blogger diasah lebih baik lagi.

Penutup

Menjadi blogger sama halnya menjadi profesional. Butuh proses, konsisten, serta komitmen untuk terus belajar serta bertumbuh.

Proses belajar dan bertumbuh bisa dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti kelas ngeblog gratis di Blogspedia Coaching.

Kalau edukers seorang blogger juga yang mau tau cara menjadi blogger pemula sampai bisa profesional, wajib ikutan Blogspedia Coaching. Jangan sampai kamu kelewatan ikutan batch berikutnya ya! Kapan batch berikutnya? Kalau mau tau pantengin terus akun instagram @blogspedia ya.

6 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. Setuju banget mba, blogspedia coaching worth it banget. Bayar cuma buat beli domainnya aja itupun buat kita sendiri.. pdhl materi dan kelasnya daging banget. Ini sih buat blogger pemula recommemded bgt😊

    BalasHapus
  2. Bener mbak Insani, jadi seorang profesional tidak instan. Semua butuh proses dan konsistensi. Setuju banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat belajarnya. Juga saling menyemangati ya mba

      Hapus
  3. Masyaalh kalimat pertamanya udah mantep banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah padahal saya juga sering mupeng dengan tulisan mb Puput yang bagus banget

      Hapus