hanyainsani.com

Manfaat dan Fungsi Google Search Console, Simak Cara Pasangnya

Pengertian Google Search Console

Halo Edukers. Pada artikel sebelumnya ada tips blogger, cara mudah memasang Google Anallytics terbaru, berikutnya kita pasang tools bermanfaat lainnya yaitu Google Search Console.

Google Search Console merupakan alat gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memantau dan meningkatkan kinerja situs mereka di hasil pencarian Google. Hmmm maksudnya bagaimana?

Jadi Google Search Console ini memungkinkan pemilik situs web untuk melihat bagaimana situs mereka diindeks dan diperingkat oleh Google, serta untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang dapat memengaruhi visibilitas situs mereka di hasil pencarian.

Kalau tugasnya untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah rasanya bisa dikatakan semacam konseling ya edukers. Yap, Google Search Console jadi alat yang membantu pengelola website mendapatkan gambaran kinerja web berdasarkan pencarian di search engine. 

Sama-sama alat dari Google nih. Bedanya apa dengan Google Analytics? Ini lho bedanya.

manfaat dan fungsi google search console

Manfaat menggunakan Google Search Console

Penggunaan Google Search Console membantu pengelola website mengetahui performa situs dalam penelusuran Google. Dengan menggunakan tools ini, blogger bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan visibilitas situs web di hasil pencarian Google

2. Memantau kinerja situs web di hasil pencarian Google

3. Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang dapat memengaruhi visibilitas situs web di hasil pencarian Google

4. Menerima pemberitahuan tentang masalah yang memengaruhi situs web

5. Mengakses alat dan sumber daya tambahan untuk membantu meningkatkan kinerja situs web 

Cara Memasang Google Search Console

Dibandingkan memasang Google Analytics, cara memasang Google Search Console lebih mudah lho. Proses memasang Google Search Console termasuk mudah dan dapat diselesaikan dalam beberapa langkah. Agar tools ini dapat terpasang untuk situs yang kita kelola, maka perlu mengetahui cara verifikasi google search console. Yuk coba langkahnya berikut ini:

1. Google Search Console Login

Ada dua pilihan yang dapat dilakukan untuk Google Search Login. Pertama bisa akses dari dasbor situs di bagian setting. 

langkah google search console login

Di bagian setting, scroll ke bawah dan temukan bagian Crawlers and indexing, lalu klik Google Search Console. Atau kamu juga bisa melakukan cara kedua untuk Google Search Console login dengan membuka situs Google Search Console

laman google search console login

2. Mulai Membuat Search Console

Bisa pilih salah satu opsi yang digunakan untuk login Google Search Console. Jika dari laman, maka tinggal klik Start now. Jika dari dasbor klik tautan Google Search Console nya.. 

3. Masuk Halaman Membuat Property

cara untuk google search console login



Langkah selanjutnya, akan muncul halaman untuk membuat property. Di sini ada dua opsi yang dapat digunakan untuk search console. Bisa pilih Domain atau URL prefix. Bedanya untuk kolom pengisian Domain cukup nama Domain yang digunakan. Semisal example.com. Sedangkan URL bisa digunakan untuk mengecek tautan dari situs yang digunakan. Misal https://www.example.com. Bedanya untuk Domain bisa mengecek situs yang kita kelola baik tanpa https atau www, maupun cukup nama Domain saja. 

4. Ownership Verification

Setelah mengisi tautan di kolom Domain atau URL prefix, selanjutnya klik continue. Langkah berikutnya ialah melakukan ownership verification. Pada halaman Ownership Auto Verification pilih Go To Property. Lalu, kamu akan memasuki halaman property pada Google Search Console. Setelah itu pilih Start dan kamu akan dibawa ke halaman utama Google Search Console.

Meskipun sudah terverifikasi secara otomatis, Anda perlu melakukan verifikasi dengan menggunakan pilihan metode seperti HTML, GTM, Google Analytics. Pada cara memasang Google Search Console ini, akan diberikan cara verifikasi Google Search Console dengan Google Analytics


Fitur-fitur utama Google Search Console

Apa saja fitur-fitur utama yang ada di Google Search Console? Nah, simak fiturnya berikut ini. 

Pengindeksan: Alat ini memungkinkan pemilik situs web untuk melihat bagaimana situs mereka diindeks oleh Google, serta untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang dapat memengaruhi pengindeksan situs mereka.

Kinerja: Alat ini memungkinkan pemilik situs web untuk melihat bagaimana situs mereka diperingkat oleh Google untuk kata kunci tertentu, serta untuk melihat bagaimana situs mereka diperingkat di perangkat seluler.

Cakupan: Alat ini memungkinkan pemilik situs web untuk melihat masalah yang dapat memengaruhi visibilitas situs mereka di hasil pencarian Google, seperti masalah dengan judul halaman, meta deskripsi, dan tag heading.

Tautan: Alat ini memungkinkan pemilik situs web  melihat tautan balik ke situs mereka dari situs web lain.

Alat dan sumber daya: Alat ini menyediakan akses ke alat dan sumber daya tambahan untuk membantu meningkatkan kinerja situs.

Untuk memahami manfaat Google Search Console secara optimal, tentunya kita perlu mengeksplor berbagai fitur yang tersedia. Selain itu, ada tips menggunakan Google Search secara efektif. 

Tips menggunakan Google Search Console secara efektif

1, Verifikasi kepemilikan situs web kamu

2. Pantau kinerja situs yang kamu kelola secara berkala.

3. Identifikasi dan perbaiki masalah yang mungkin memengaruhi visibilitas situs kamu di hasil penelusuran Google.

4. Gunakan alat dan sumber daya yang tersedia di Google Search Console untuk  meningkatkan kinerja situsmu


Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.