hanyainsani.com

Wajib Kamu Coba! 10 Kuliner Legendaris Solo, Ada Favorit Joko Widodo juga






Kota Surakarta, atau yang akrab disebut Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang menjadi destinasi wisata favorit. Letaknya yang strategis, biaya cukup terjangkau, hingga pilihan kuliner yang beragam jadi alasan wisatawan ke kota ini.

Berbagai macam hidangan yang ada di Solo membuat kota ini jadi sasaran wisata kuliner yang menggugah selera. Tak hanya enak, berkunjung kesini menyajikan kesempatan berburu kuliner legendaris Solo. Bahkan beberapa di antaranya merupakan favorit presiden Joko Widodo, yang memang berasal dari kota Surakarta.

Jika kamu berencana berkunjung kesana, hidangan ini wajib dicoba. Ada apa saja kuliner legendaris Solo? Yuk, simak selengkapnya.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Solo

rekomendasi kuliner legendaris solo

Solo terkenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan kuliner tradisionalnya. Beberapa kuliner legendaris Solo juga menjadi incaran banyak wisatawan, bahkan tokoh nasional. Semisal Joko Widodo yang memang berasal dari Solo dan menjadi pelanggan tetap dari beberapa kuliner.

1. Ayam Goreng Mbah Karto “TEMBEL”

Menu ini termasuk favorit keluarga Joko Widodo sejak lama. Meski hanya menyediakan satu menu saja, yaitu ayam goreng. Namun, disini menggunakan daging ayam kampung yang diracik dengan bumbu khusus dan santan.

Hidangannya disajikan berupa ayam goreng utuh. Lengkap dengan ceker, ati ampela, lalapan, serta dengan sambal blondo yang bercita rasa manis gurih.

2. Gudeg Mbak Yus

Buka di malam hari, kamu harus siap mengantri antara pukul 22.00-23.00. Gudeg Mbak Yus menyediakan menu opor ayam, ceker ayam, sambal krecek, dan tentu saja gudeg. Pilihan lauk tersebut bisa kamu pilih mau dihidangkan dengan bubur atau nasi.

Menurut pemiliknya, butuh waktu dan proses menemukan resep yang tepat untuk hidangan yang disajikan disini. Karena berbagai masukan dari pelanggan, mbak Yus harus terus mencoba berbagai takaran resep hingga mendapatkan cita rasa yang disukai seperti saat ini.

Termasuk hidangan favorit Joko Widodo juga. Kuliner legendaris Solo ini paling disukai beliau yaitu bubur gudeg dengan lauk opor paha ayam. Mungkin kamu bisa coba juga saat sempat kesini.

3. Timlo Maestro

Timlo merupakan makanan khas Solo, yang konon merupakan hasil akulturasi dengan masakan China.

Dari berbagai timlo yang ada di Solo, Timlo Maestro merupakan salah satu yang cukup tersohor. Sudah ada sejak tahun 1958, Timlo Maestro juga termasuk kuliner langganan Joko Widodo lho.

Hidangan ini berupa kuah bening yang disajikan hangat berisi soun, wortel, jamur kuping, sosis Solo, telur pindang, dan ati ampela. Dinikmati di emperan toko, kamu akan merasakan hangat dan nikmat menyantap kuliner legendaris Solo sambil merasakan suasana malam di sana.

4. Depot Adem Ayem

Berdiri sejak tahun 1969, Depot Adem Ayem memiliki menu unggulan berupa gudeg dan ayam goreng. Gudeg di rumah makan yang satu ini disebut spesial karena disajikan dalam kuali kecil (kendil). Cita rasa gudegnya tidak terlalu kering atau manis, sambal krecek yang dominan pas, serta ayam suwir menyajikan kombinasi rasa seimbang. Kalau ingin menikmati hidangan lainnya disini juga bisa kok. Depot Adem Ayem juga menyediakan menu seperti Timlo, Selat, dan Galantin.

5. Soto Gading

Soto menjadi menu favorit bagi orang yang tinggal di Solo. Entah untuk sarapan atau makan malam.

Salah satu yang cukup tersohor ialah soto Gading. Hidangan satu ini merupakan langganan Joko Widodo bahkan sebelum menjadi walikota Solo.

Soto Gading merupakan hidangan berupa nasi, soun, suwiran ayam, bawang merah goreng, serta diguyur dengan kuah bening yang kaya rempah. Disajikan dalam keadaan hangat, makan soto Gading membuatmu lebih bersemangat. Tersedia berbagai lauk yang bisa kamu pilih seperti sosis, jeroan sapi, telur puyuh bacem, dan aneka gorengan lainnya.

6. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Telah berjualan sejak tahun 1930, es dawet telasih Bu Darmi merupakan kuliner legendaris Solo yang cukup terkenal. Kamu bisa menikmatinya saat berkunjung ke Pasar Gede. Dengan isian ketan hitam, telasih, dan irisan nangka, kuliner ini sangat cocok dinikmati saat siang hari.

7. Serabi Notosuman Ny. Lidia

Siapa yang nggak tau serabi khas Solo? Kue tradisional lembut, gurih dan manis yang tak boleh dilewatkan. Salah satu makanan yang merupakan kuliner legendaris Solo ini, yaitu serabi Notosuman Ny. Lidia.

Telah ada sejak tahun 1923, kini serabi Notosuman Ny. Lidia dikelola generasi ketiga. Kalau kamu berkunjung kesini, kamu dapat menyaksikan proses pemanggangannya secara langsung lho.

8. Warung Selat Mb Lies

Hidangan akulturasi Belanda ini disajikan dengan kuah manis berisi galantin, sayur seperti selada, tomat, dan timun, serta telur pindang. Meski lokasinya masuk ke dalam gang, warung selat Mb Lies cukup ramai dan diminati pengunjung.

9. Sate Kambing Bu. Hj. Bejo

Buka sejak tahun 1971, sate kambing Bu. Hj. Bejo cukup kondang bahkan berani membuka cabang di luar kota Solo. Hidangan yang jadi langganannya Joko Widodo ini menyediakan aneka olahan daging kambing. Di antaranya sate kambing, sate buntel, tengkleng, dan tongseng.

10. Es Krim Tentrem

Selain menu utama, ada kuliner legendaris Solo yang cocok buat pilihan pencuci mulut (desert), yaitu Es Krim Tentrem. Menawarkan es krim buatan rumahan (home made) ada banyak pilihan menu yang bisa kamu coba di sini.

Itulah rekomendasi kuliner legendaris Solo yang wajib kamu coba. Kira-kira mau mengagendakan ke Solo kapan dan mau nyobain kuliner yang mana dulu nih? Segera tentukan pilihanmu dan masukkan ke rencana wisata kuliner selama liburan ke Solo ya.












3 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. Timlo dan Selat, makanan yang baru aku temui setelah pindah ke Solo. Ada lagi makanan khas solo sekitarnya, sambel tumpang. Dimakan sama bubur nasi, disebutnya jenang lemu. Dah pernah nyoba kan, mbak?

    BalasHapus
  2. Sambel Blondo? Ini Blondo yang pasnya santan dimasak sampai jadi minyak itu mbak? Gurih banget itu dimaem langsung aja....Kalo fav saya masih selat solo dan timlo...hidangan yang ada sayurnya dan bisa digado, dimaem tanpa nasi udah mantap

    BalasHapus
  3. Aku suka sekali sama gudeg, diJember tempat qu tinggal aku punya tempat gudeg favorit, sering banget beli. Tapi belum pernah merasakan masakan gudeg di solo. Enak nih, Kalau lagi main ke solo bisa langsung Jujug ke Gudeg Mbak Yus 😍

    BalasHapus