hanyainsani.com

5 Ide Liburan bersama Anak Seru dan Edukatif, Ada Holiday Kid Program dari Bahasakuinggris

Libur telah tiba. Libur telah tiba. Hatiku gembira. 
Tiba di penghujung tahun, tiba pula musim liburan. Seperti lagu anak yang dinyanyikan Tasya Kamila, anak-anak pasti merasa bersemangat saat liburan tiba. Tapi, nggak hanya anak saja dong yang gembira dan semangat, orang tua juga harus menyambutnya dengan suka cita. 

Orang tua perlu menghabiskan momentum liburan bersama anak, mengapa demikian? Ada banyak manfaat melakukan liburan bersama anak. Hasil kajian yang dikutip dari University of Scarborough berlibur bareng keluarga bisa bermanfaat untuk perkembangan mental anak lho ayah bunda. Dengan pengalaman liburan itu, dapat menggugah dan membentuk landasan emosional yang kuat untuk membentuk kepribadian dan meninggalkan kenangan berharga hingga anak telah dewasa. 

Selain mendukung perkembangan si kecil. Menghabiskan masa liburan bersama anak juga memiliki banyak manfaat dan alasan penting lainnya. Seperti menguatkan hubungan keluarga, meningkatkan kesehatan mental dan fisiknya, mengembangkan keterampilan sosial, dan sebagainya. Berikut beberapa manfaat dan alasan pentingnya liburan bersama anak: 

Manfaat Liburan bersama Anak 


Saat berlibur, anak akan mempelajari banyak hal. Tidak hanya saat di suatu tempat wisata saja, tapi dalam perjalanannya juga. 

manfaat liburan bersama anak
Sumber: unsplash (Daiga Ellaby)

Anak akan memperhatikan berbagai detil yang ia rasakan dengan panca indera. Pengalaman tersebut memberikan berbagai manfaat untuknya. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari liburan bersama anak: 

1. Membuat Kenangan Berharga

Liburan memberi kesempatan untuk ayah bunda membuat kenangan indah dengan anak-anak. Keluarga dapat merangkai momen-momen tak terlupakan melalui kegiatan bersama, seperti mengunjungi tempat menarik atau melakukan kegiatan seru. 

2. Menurunkan Stres dan Tekanan 

Liburan memberi keluarga kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan stres. Ini dapat memberikan waktu istirahat yang sangat diperlukan untuk anak-anak maupun orangtua. 

3. Memperbaiki Komunikasi 

Keluarga dapat lebih berkomunikasi dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan bersama. Anak-anak mungkin lebih nyaman berbicara tentang pengalaman, perasaan, dan harapan mereka saat suasananya tenang seperti ketika berlibur.

4. Pendidikan Terbuka (Informal) 

Liburan juga dapat menjadi cara informal untuk belajar. Anak-anak dapat belajar banyak dari museum, taman, atau lokasi sejarah yang dikunjunginya. 

5. Meningkatkan Keterampilan Hidup 

Perjalanan dapat melatih keterampilan hidup seperti mengelola anggaran, merencanakan perjalanan, dan mengatasi tantangan. Pilihan liburan yang edukatif bahkan cenderung mendorong anak dapat berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan problem solving. 

6. Mendorong Orang Tua Memberi Perhatian Penuh 

Liburan memberi orang tua kesempatan untuk memberikan perhatian penuh kepada anak-anak mereka tanpa mengganggu tugas sehari-hari mereka, yang dapat meningkatkan rasa dicintai dan dihargai anak-anak mereka. 

7. Mendukung Aktivitas Fisik 

Banyak tempat liburan menawarkan kesempatan untuk berolahraga, diantaranya berenang, hiking, atau bermain di pantai. Ini dapat meningkatkan kesehatan mereka, menekan rasa stres, dan mengurangi kelelahan. 

8. Meningkatkan Keterampilan Sosial 

Berlibur dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan sosial mereka. Seperti berbicara dengan orang dewasa, berbagi dengan teman-teman, dan beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Menghabiskan liburan bersama anak bukan hanya tentang tempat atau kegiatan tertentu. Akan tetapi juga momentum buat ayah bunda untuk memberikan perhatian, waktu, dan kasih sayang.yang dapat meningkatkan hubungan keluarga dalam jangka panjang. 

Nah, kalau biasanya orang tua mengajak anak berlibur di tempat publik seperti mall, taman bermain atau dengan membelikan mainan. Ada baiknya, liburan bersama anak kali ini ayah bunda mengajak mereka ke tempat yang berbeda. 

Alih-alih liburan sekadar senang-senang. Bagaimana kalau mengajak mereka berlibur seru sekaligus belajar? 

Ide Liburan bersama Anak Seru dan Edukatif 

Menjelajahi tempat baru bersama anak akan membuatnya lebih cerdas. Hmm, siapa sih yang nggak mau anaknya cerdas? Nah, liburan bersama anak seru dan edukatif bisa jadi pilihan utama bagi ayah bunda nih. Selain anak bergembira karena diajak liburan, tentunya bisa meningkatkan kecerdasan anak juga lho. Berikut ide liburan bersama anak seru dan edukatif: 

1. Berkemah dan Memasak di Alam Terbuka 

Berkemah mengajarkan anak-anak untuk menghargai kehidupan sederhana. Mereka belajar bahwa mereka dapat bahagia tanpa fasilitas modern dan hiburan elektronik. Sedangkan memasak di alam terbuka mengajarkan anak-anak keterampilan memasak dasar dan tanggung jawab terhadap persiapan makanan. Ini juga dapat meningkatkan apresiasi terhadap sumber daya dan proses makanan. 

2. Mengunjungi Tempat Edukatif 

Ada banyak tempat edukatif sebagai tujuan liburan bersama anak. Ayah bunda bisa menentukan mau mengajak anak ke mana. Misal museum sains, planetarium, perpustakaan, taman ilmu interaktif, atau ke taman nasional. 

3. Petualangan di Kebun Satwa Liar 

Mengajak anak berkunjung ke kebun satwa liar dapat memberikan kesempatan mereka belajar dunia binatang. Ini mengajarkan anak untuk lebih menghargai alam, mengenal keragaman flora fauna, serta belajar menjaga lingkungan. 

4. Perjalanan ke Tempat Bersejarah 

Jelajahi tempat bersejarah atau situs arkeologi untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang sejarah dan budaya. Anak-anak diajak mendapat pelajaran hidup dari kisah masa lampau. Perjalanan ke tempat bersejarah bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru bahkan pengalaman yang tak kalah menyenangkan. 

5. Mengikuti Kelas Pengembangan Diri 

Ada berbagai pilihan kelas pengembangan diri untuk anak mengisi masa liburan. Tidak hanya seru-seruan, anak juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan bahkan keterampilan baru. Misal kelas memasak, berkebun, belajar bahasa, seni dan kerajinan. 

Pilihan ide liburan bersama anak ini sangat direkomendasikan untuk ayah bunda. Salah satu pilihan liburan yang wajib diikuti ialah kelas belajar bahasa Inggris. 

Mengisi liburan dengan belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa anak. Dengan mengajarkan bahasa Inggris, orang tua juga membekali anak untuk mempersiapkan masa depannya. Bagaimanapun kemampuan bahasa merupakan skill yang menunjang kariernya nanti. Nah, pas banget liburan bersama anak kali ini bisa diisi dengan mengikuti program belajar bahasa Inggris. Kelas seru dan edukatif ini diselenggarakan oleh Bahasakuinggris. Nama programnya Holiday Kid Program (HOKIPO). Ayah bunda mau tau lebih lanjut? Simak info selengkapnya ya. 


Holiday Kid Program (HOKIPO) 

Bahasakuinggris merupakan lembaga kursus online Bahasa Inggris yang berlokasi di Pare, Kediri. Lembaga kursus ini menyediakan layanan belajar Bahasa Inggris dengan metode terbaik di Kampung Bahasa Inggris Pare. 

Tentunya ayah bunda tak perlu meragukan pengajar di sini, karena pendidiknya sudah pasti berpengalaman. Selain itu, sudah banyak ulasan positif yang diberikan oleh peserta kursus. Sehingga ayah bunda dapat memercayakan liburan bersama anak dengan belajar di sini.

liburan bersama anak seru dan edukatif


Menjelang momen libur panjang, Bahasakuinggris menyediakan kelas belajar bahasa Inggris khusus liburan untuk anak. Program ini dinamakan Holiday Kid Program (Hokipo). Dengan mengikuti Hokipo ada banyak aktivitas seru yang dapat diikuti anak. 

liburan bersama anak di bahasakuinggris


Kegiatan itu meliputi storytelling, describing, role playing, fun games, fun writing, quiz, english challenge, dan aktivitas seru lainnya. Anak-anak bisa menghabiskan masa liburannya dengan seru dan edukatif melalui program ini. Selain meningkatkan kemampuan bahasa, anak juga belajar berinteraksi dengan teman sebaya, mengembangkan keterampilan sosial serta mendorong kepercayaan diri anak. 

ide liburan bersama anak seru

Kalau ada kendala waktu, ayah bunda tak perlu khawatir. Karena bisa juga memilih jadwal kelasnya. Kabar baik lainnya, biaya untuk mengikuti Hokipo sangat terjangkau lho. Jadi ayah bunda jangan sampai ketinggalan untuk segera mendaftarkan ananda yaa. 

Sumber - https://www.acehtrend.com/news/manfaat-liburan-bagi-perkembangan-mental-anak/index.html:

15 komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.
  1. wah artikelnya sangat membantu untuk cari ide kegiatan saat liburan anak-anak nanti, kegiatan Hokipo juga sepertinya asik ini untuk kegiatan anak-anak waktu libur.

    BalasHapus
  2. Setuju mbaaa banyak manfaatnya liburan bareng keluarga, bukan hanya anak yang senang tapi ibunya juga, hehe. Menambah skill saat liburan sekarang jadi hal yang bisa dipertimbangkan juga nih, liburannya jadi makin seru karena belajar bahasa inggris dengan metode story telling yang menyenangkan. Liburan tetep asik😍

    BalasHapus
  3. Tak terasa semester 1 di sekolah hampir berakhir dan waktunya menikmati masa liburan bersama anak-anak di akhir tahun. Biar liburannya tak sia-sia, memang penting ya mengisinya dengan well prepared agar menjadi bermakna, one of them bisa belajar bahasa juga, ya

    BalasHapus
  4. Oh waw menarik sekali programnya. Ini buat emak bapaknya nggak ada gitu kelas bahasa inggris intensif? Anakku masih 3 tahun, biar aku aja yang les bahasa inggris hehehe. Wah liburan sudah di depan mata, pasti anak-anak seneng banget mau liburan semester. Ide kegiatan liburannya layak dicoba mbak. Paling tertarik ke situs sejarah sih aku. Soalnya di daerah tempat tinggalku udah buanyak tempat wisata, pasti rame berjubel musim liburan begini...

    BalasHapus
  5. wah, pas banget nih program Holiday kid dari hokipo alias holiday kids program pembelajaran bahasa inggris. Pas banget mumpung liburan sebentar lagi datang. Perlu juga dicoba nih buat anankku yang bungsu, dia memang suka sekali dengan bahasa inggris. TFS kak

    BalasHapus
  6. Camping adalah ide liburan yang sudah lama menjadi wish list, karena menunggu si bungsu agak besar. Saat akan direalisasikan eeh, muncul bungsu terbaru 🤣. Anak-anakku begitu liburan tiba udah auto pergi ke rumah Yangti Ponorogo. Meski di sana cuman di rumah dan gak kemana-mana mereka tetap bahagia 🤭

    BalasHapus
  7. Asli ide nya pingin bikin list juga. Asli seru dan edukatif juga ya buat anak-anak. Apalagi sebentar lagi liburan

    BalasHapus
  8. Wah ide liburannya menarik nih untuk diterapkan, anak-anak pasti suka nih. Ingin coba yang kamcing dan belajar bahasa Inggris nih

    BalasHapus
  9. Pas banget nih libur udah di depan mata. Mengisi liburan ga cuma dgn hal menyenangkan tpi jga banyak manfaatnya ya dgn ide2 di atas. Makasih ya Mba referensinya

    BalasHapus
  10. cocok nih mbaa..bulan Desember waktunya liburaann yaa...dan setuju banget kalau cari tempat liburan yang terbuka dan kalau bisa kemah-kemahan gitu, biar bonding anak orangtua lebih terasa

    BalasHapus
  11. Masak seblak dan bakar sate-satean di alam terbuka (mburi omah haha) kayaknya seru deh...sekalian ngabisin stok kayu yang dah ganggu pemandangan kebun. Kalo aku yang kepikir pas liburan jangan lupa memanfaatkan anak buat bantu-bantu di rumah. Ngasah personal skil juga kan...

    BalasHapus
  12. Wah seru juga kegiatan di hokipo aku mau juga ngelist ini buat anakku nanti klo pulang kampung ke İndonesia.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah libur sudah tiba ya..di penghujung tahun ini waktu untuk rehat setelah satu tahun beraktivitas

    BalasHapus
  14. wah, pasti seru tuh HOKIPO.... Pingin banget ikutan, tapi apa daya anak bungsuku sudah SMP kelas dua, maunya pingin belajar bahasa Korea lagi.... Duh, gen Z emang susah dimengerti ya...

    BalasHapus
  15. Waw... Menarik sekali.. kegiatan dihokipo seru-seru keliatannya ya kak. Nanti kalau masuk liburan lagi pengen ikutin anak ku ke program hokipo ah.. pasti anak ku suka banget 😍

    BalasHapus