hanyainsani.com

Cara Daftar Google News Publisher dengan Mudah

google news publisher logo
Logo google news. Sumber: indotama.com

 

Pengertian Google News Publisher

Google News Publisher merupakan alat yang membantu pengelola situs untuk mengirimkan dan mengelola konten mereka melalui Google News. Bukan hanya bermanfaat dan diperuntukkan bagi web berbasis media masa. Penggunaan Google News juga dapat membantu blog atau situs lebih cepat terindex oleh mesin pencari Google. 

Dengan Google News Publisher, pengelola dapat mengirim dan mengelola RSS feed, URL situs, atau video di Google News, mengonfigurasi opsi monetisasi, seperti iklan dan penjualan.

Untuk berlangganan bagi pengelola web dapat melacak kinerja konten mereka di Google News.  Selain itu kita juga bisa mendapatkan pemberitahuan jika ada masalah dengan konten mereka. Dengan begitu Goole News Publisher adalah alat gratis untuk pengelola situs mana pun yang menerbitkan artikelnya agar sesuai dan mematuhi kebijakan konten Google.

Selain tools berupa Google Analytics dan Google Search  Console, penggunaan Google News juga dapat dilakukan seorang blogger, sehingga tulisannya lebih cepat terindex search engine (Google). Lalu, apa saja manfaat menggunakan Google News Publisher? Yuk simak berikut ini manfaatnya.

Manfaat Google News Publisher

Berikut beberapa manfaat menggunakan Penerbit Google Berita: 

1. Meningkatkan Visibilitas

Situs yang dikelola dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dengan mengirimkan konten-konten mereka ke Google News.

2. Mendorong dan Meningkatkan Upaya Monetisasi

Pengelola situs memungkinkan untuk memonetisasi iklan dan langganan melalui Reader Revenue Manager.

3. Wawasan berharga

Pengelola situs dapat melacak kinerja konten mereka di Google News dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Tentunya ini juga mengoptimalkan penggunaan tools Goole Analytics dan Search Console ya. 

Tidak hanya untuk web-web situs berita saja, para blogger bisa menggunakan Google News ini untuk meningkatkan kinerja situsnya. 

Google News ini adalah alat berharga yang dapat membantu edukers meningkatkan jumlah pemirsa dan memonetisasi konten  dari blog yang dikelolanya. 

Nah, memasang Google News Publisher ada beberapa langkah. Bisa dikatakan lebih banyak tahap yang dilakukan dibandingkan memasang Google Search Console. Kalau di  Google Search Console kita tinggal mengikuti langkah dan buat property, di sini kita perlu menyediakan gambar berukuran persegi. Gambar ini sebagai square logo yang setidaknya berukuran 1000 px x 1000 px yang akan dipasang di bagian visual. 

Selengkapnya berikut ini cara daftar Google News Publisher dengan mudah. 

Cara Daftar Google News Publisher

Saya mengetahui dan memperoleh panduan membuat Google News Publisher ini dari video youtube Mbak Marita (founder Blogspedia Group). Untuk memudahkan edukers memasang Google News Publisher dengan menyimak materi sembari praktik, di akhir artitkel akan saya tambahkan videonya ya. 

Yuk ikuti langkah berikut untuk membuat akun Google News:

1. Masuk dengan akun Google

Silakan masuk ke laman Google News dan buat akun. Gunakan email yang didaftarkan di Google News yang sama dengan email untuk mendaftar Google Search Console. 

2. Verifikasi Ownership Website

Pastikan sudah melakukan verifikasi akun website terlebih dahulu melalui Google Search Console ya. Jika belum bisa melakukan pemasangan Google Search Console.

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Google News Publisher login
Pada bagian ini isilah link atau URL dari situs yang kamu kelola. Jika sudah ada opsi di bawahnya tinggal ditambahkan saja. 

4. Pilih Tambah Posting 

Pada bagian ini isi nama posting dengan nama blog, atribut situs utama dengan URL blog, lokasi, pilih negara kita dan jangan lupa centang kotaknya. Lalu klik Tambahkan postingan. 

5. Klik di bagian Google News.

Ada tiga tab yang harus disempurnakan setelannya; General, Content Setting dan Review & Publish.
Pada bagian General, isi Publication Description dengan deskripsi blog, lalu pilih Publication Category sesuai jenis kategori blog atau yang paling mendekati. Pilih Distribution Worldwide dan Google Properties pilih yang All Properties.

Di bagian indexing (pelacakan), masukkan kode pelacakan Google Analytics yang ada di Google Analytics. Isi form Google News dengan kode Google Analytics isi tab Content Google News dengan rss feed Jika ya, klik Simpan dan selanjutnya.

6. Saatnya beralih ke tab Content Setting

Pada bagian New -> Title isikan nama blog, lalu pada bagian RSS, pilih RSS feed  di Google Search Console. Di bagian Grup Akses, masukkan email.  Jangan lupa simpan dan klik berikutnya.

Cara melihat Google News Mengubah pengaturan Google News Di tab  terakhir, Review dan publication, kita akan melihat apa  yang perlu diperbaiki pada pengaturan Google News yang baru saja diidentifikasi.  Perbaiki konten apa pun yang masih dalam "review" hingga  semua pengaturan dianggap benar oleh Google. 

Untuk melakukannya, cukup klik pada kata 'review', maka kita akan dibawa ke bagian yang pengaturannya masih perlu diperbaiki. Seringkali kita meminta untuk mengubah pengaturannya; masukkan gambar logo, pilih bahasa, periksa URL blog di GSC, dll.  Cara menempatkan artikel di Google News Klik Publikasikan dan review Google News Yang terakhir direview adalah  bagian kategori.

Di sinilah Google News memerlukan proses untuk meng-crawl artikel-artikel terbaru dari blog kita. Bagaimana tampilannya? Refresh terus sampai postingannya muncul. Biasanya membutuhkan waktu setelah lima menit semua artikel akan muncul.

Jika postingan muncul, klik Simpan lalu kembali ke tab Tinjau & Publikasikan. Nanti jika tidak ada yang perlu diuji, kita akan mempunyai opsi untuk mempublikasikan postingan yang  kita buat.

Cara memasang Google News Publisher


Jika postingan kita masih bertuliskan “review” berarti Google masih melakukan review terlebih dahulu.  Namun jika publikasi kita bertuliskan "Live", berarti publikasi kita  siap membagikan artikel kita setiap kali dipublikasikan di blog. Dan saatnya memanfaatkan artikel yang bisa terindeks lebih cepat. 

Semoga bermanfaat dan bisa terpasang dengan cepat!

 


Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Tambahkan komentar untuk mendukung blog ini yaa.